12 April 2017

Kemenhan Geser Kementerian PUPR, Anggaran Terbesar 2018

12 April 2017

Pagu indikatif anggaran pertahanan 2018 adalah Rp 106,9 triliun (photo : Viva)

VIVA.co.id – Rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah 2018, membeberkan pagu indikatif 15 kementerian/lembaga yang mendapatkan alokasi dana terbesar untuk tahun anggaran 2018. Porsi terbesar anggaran, diberikan kepada Kementerian Pertahanan, dengan proyeksi sebesar Rp106,9 triliun.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan yang dikutip VIVA.co.id, Rabu 12 April 2017, gelontoran anggaran terbesar kedua diberikan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebesar Rp106 triliun. Sementara itu, posisi selanjutnya, adalah Kepolisian Republik Indonesia sebesar Rp76,5 triliun, dan. Kementerian Agama sebesar Rp63,7 triliun.

Kemudian, Kementerian Kesehatan sebesar Rp60,1 triliun, Kementerian Perhubungan Rp48,5 triliun, Kementerian Keuangan Rp45,7 triliun, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Rp41,2 triliun, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Rp40,1 triliun, dan Kementerian Pertanian sebesar Rp22,7 triliun.

Sementara itu, lima terakhir, di antaranya adalah Kementerian Sosial Rp22,1 triliun, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Rp9,9 triliun, Mahkamah Agung Rp8,3 triliun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rp8,1 triliun, dan terakhir Kementerian Kelautan dan Perikanan sebesar Rp7,3 triliun.

Dalam pagu anggaran APBN 2017, posisi pertama penyelenggara yang mendapatkan alokasi dana terbesar adalah Kementerian PUPR sebesar Rp105,6 triliun. Alasan pemerintah memberikan porsi anggaran terbesar, demi mempercepat pembangunan proyek-proyek infrastruktur pemerintah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pun menekankan, belanja modal dan belanja barang tahun depan akan terus dimonitor, demi menjaga efektivitas penggunaan anggaran. Sehingga, tidak ada lagi pemborosan yang bisa mengganggu APBN sebagai instrumen menggenjot pertumbuhan.

(Viva)

33 komentar:

  1. Kemaren yang komen "utang mulu" udah ada jawabannya ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenyataannya Indonesia blm bebas dr utang
      Dr Sigid Kusumowidagdo, praktisi keuangan di Jakarta, mengatakan bahwa untuk tahun 2017, Pemerintah Jokowi-JK, harus kembalii berutang. Sekurangnya nilanya Rp 516 triliun. Ini baru utang dalam negeri loh. Belum lagi utang luar negeri nanti.

      "Anggaran pengelolaan utang sebesar Rp 221 triliun," ujar Ketua Badan Anggaran DPR Kahar Muzakir saat Rapat Paripurna DPR, Jakarta, Rabu (26/10/2016).

      Ia menuturkan, anggaran pengelolaan utang itu terdiri dari Rp 205,4 triliun untuk membayar bunga utang dalam negeri dan Rp 15,7 triliun untuk membayar bunga utang luar negeri.

      Meski mengalokasikan anggaran Rp 221 triliun untuk membayar utang, pemerintah juga dipastikan akan menambah utang dalam rangka menutup defisit anggaran APBN 2017 sebesar 2,41 persen dari PDB atau Rp 330 triliun.

      AAPBN sebagian adalah dr hasil utang

      Hapus
    2. Sebagian utang digunakan untuk beli alutsista

      "Kalau lihat APBN kan ada pinjaman luar negeri, dan ada pinjaman dalam negeri. Ini biasanya untuk beli alutsista kalau di Kementerian Pertahanan," ungkap Robert kepada detikFinance, Jumat (9/10/2015)
      Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan, utang luar negeri masih dibutuhkan untuk membeli alat utama sistem senjata (alutsista) Tentara Nasional Indonesia.
      Tidak ada yg salah dgn utang, selama penggunaanya tepat dan mendapatkan outcome yg sesuai dgn MEF..

      Hapus
    3. Amerika juga utangnya banyak malah lebih banyak dari Indonesia.
      Yang penting bisa bayar broo...😁

      Hapus
    4. Seluruh negara perlu hutang kecuali negara yang hanya mengandalkan GOD'S BLESSING seperti ARAB SAUDI . Dia tak perlu melakukan kegiatan added value terhadap hasil alam yang bisa langsung di export .Kirim keluar dan dapat duit . Baru -baru ini untuk pertama kalinya Saudi juga terpaksa berhutang karena devisit anggaran . Sebenarnya bisa tetap tak berhutang tapi konsekwensinya ,sasaran alokasi anggaran tidak tercapai .Tapi kerajaan memilih berhutang biar program tetap jalan sesuai rencana.
      Hutang negara umumnya jangka panjang dan berbunga rendah .ynag bahaya utang digunakan untuk konsumtiv dan di korupt .Sepanjang kita bisa menjaga ekonomi tetap berputar tidaK ada masalah tentu didukung kondisi yang kondusif .

      Hapus
    5. Saya Ibu Sila ucapkan banyak terimah kasih banyak kepada KI WARA atas bantuan dana ghaib ya saya sudah bayar hutang2 saya semuanya awalnya saya ngak percaya tapi saya berpikir lagi ahirnya saya mau di bantu dana ghaib sebesar 200jt dan alhamdulillah itu terbukti dan baru kali ini saya temukan dukun pesugihan yang bisa dipercaya anda butuh bantuan sama AKI WARA silahkan hubungi 085242894584. ATAU KLIK BLOK PESUGIHAN KI WARA DISINI

      Hapus
  2. sri mulyani dulu dijaman SBY tukang potong anggaran TNI. SBY tidak kuasa memaksa SRI M yang lebih fokus pada kestabilan fiskal dan moneter .
    Di Zaman JOKOWI jangan coba menolak program presiden sebab yang ada adalah visi presiden bukan kementrian .Siapa yang tidak patuh langsung terlempar .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dasar Jokowow asbun..
      Hoii thn 2016 sama thn ini udah berapa yg disunat sama Mdm Sri..Emangnya si Jokowi sampai bujuk2 Mdm balik kenapa? Krn doi tahu kredibilitas Mdm Sri..ngk kaya' the rest of his team yg cuma Asbun aja kaya Jokowow macam loe

      2018 kondisi economic diperkirakan lebih baik..makane Mdm Sri mau kasih lebih..Mdm Sri digeser..he,he silahkan coba kalo ngk investors langsung pergi..Untungnya Jokowi masih ada otak..ngk kaya' Jokowow fans club kaya eloe yg udahlah Asbun..Tolol lagi..

      Hapus
    2. http://m.viva.co.id/berita/fokus/904368-apbn-kritis-pengeluaran-negara-terpaksa-dipangkas

      Hapus
    3. @antek barat ,nick ini memang cocok untuk anda yang memuja barat ,terbaca dengan istilah anda memanggil sri M dengan Mdm dan koment anda.
      Jadi kalau Sri M digeser investor pergi ? kesimpulan yang sangat dini .lu sekolah dimana yang ngajaran begitu ?Kita langsung ambruk kalau Sri M pergi?

      Inveastor yang penting bagi mereka stabilitas ekonomi dan politik.Maju mundurnya investasi ditentukan oleh kebijakan pemerintah bukan hanya dept keuangan . Tapi seluruh departement.
      Saya juga bukan pendukung jokowi buta ,yang baik akan saya dukung yang jelek menurut saya akan saya kritisi .
      @Muhammad Insan KG.
      what's you try to say ?
      Ya,pemotongan itu atas arahan presiden seperti disebutkan Sri.Artinya kontrol masih ditangan Presiden.

      Hapus
    4. Kalo loe geser si Mdm krn loe mau bikin anggran seenak perut loe..jelas investor ngk lihat kredibilitas loe..loe lihat berapa vanyak negara yg ditinggal investor karena ngk punya kredibilitas..

      Kelihatan loe sekolahan di kandang kuda..cuma bisa asbun..

      Hapus
    5. Ha..haa.yang bilang bikin anggaran seenaknya perut siapa?.
      Kamu nggak ngerti bagaimana anggaran disusun . Tiap departement nyusun anggaran kemudian diajukan ke BAPPENAS disana digodog dan disesuaikan dengan prroyeksi pemasukan negara . Menkeu hanya membagi bagi kue sesuai dengan perkiraan anggaran yang akan diterima .Kalau anggaran tidak mencukupi maka akan dipotong menkeu .Nah itu baru disisi pemerintah yang disebut RAPBN. Akan masih bisa dikoreksi dengan DPR baru kemudian ditetapkan jadi APBN. jalan masih panjang tergantung juga kondisi real sampai akhir tahun 2017ini.Namanya juga rancangan atau rencana .Sekarang siapa sebenarnya yang asbun?

      Hapus
    6. Wow, saya terkesan dengan komentar siapapun bung Antek. Kesan menyedihkan. Merasa pintar, tapi setiap katanya memaki....
      Dimanapun anda sekolah, bukankah guru kita tdk pernah mengajari memaki....??

      Hapus
    7. Hoii unknow asbun..emang jelas loe unknow..ngk ngerti apa apa..loe yg asbun mulai kalau Mdm Sri ngk bisa motong anggaran seperti jaman SBY di masa Jokowi pujaaan loe itu..

      Gw bilang Mdm Sri kalau untuk disiplin anggaran kalau harus morong yah motong..dan udah dia buktikan..ngapain eloe ngomongin proses anggaran..ngak ada urusan..

      Loe kalau asbun ketahuan bacot kosong..lah ngk usah ngeles loe..emang kelihatan loe unknow..alias ngk tahu apa2..asal asbun..

      Hapus
    8. Lu bego atau bodoh ?
      Mentri itu di bawah presiden makanya wajar dan harus patuh pada atasan .Siapa atasan mentri ya presiden bukan sebaliknya . Mentri itu kalau mau buat kebijakan harus lapor dulu ke presiden sebagai atasannya. Kamu kelas berapa ?.

      Yang kosong itu kamu karena hanya bisa marah -marah nggak jelas.

      Hapus
    9. Jadi inget menteri yang punya jurus rajawali ngepret...doi keblinger atau apa..
      Wakil presidenpun mau di ajak debat
      Ea di tendang akhirnya

      Hapus
  3. Semoga Heavy Frigate masuk kontrak... Semoga GBAD masuk kontrak.... Semoga heavy fighter dateeng.. AEW dateeng... Kilo/Scorpene Kontrak... Amiinn... Amiinnn. Semoga utangnya ngga nambah juga... hahaha

    BalasHapus
  4. Proyeksi indikatif 2018 .paling mencolok pagu anggran polri 76,5 triliun naik terus soal kinerja paling di sorot masarakat hanya mewakili antar golongan .

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar om sbentar lagi polri mo bli su-35, t-90 ama rudal yakun ato kalibr.

      tapi s400nya dibatalin om antiembalgo, kerna suriah maren masih kebobolan ame "tom-ahok" haha!
      fayah yach itu, masih ampuhan ciws 630 yg ente pasang di kepala haha

      Hapus
  5. Jangan pesimis bung,,,,maju dan jayalah Indonesia

    BalasHapus
  6. Utk menekan utang, menghemat devisa, dn menumbuhkan industri dlm bidang alutsista sebenarnya pemerintah sdh menyusun progran nasional pengembangan 7 alutsista yg meliputi produksi propelan (bahan baku roket), tank (medium), kapal selam, IFX (jet tempur), misil, roket dn fregate.
    Semoga arahnya tdk berubah dn bs tercapai satu per satu, Oh ya untuk misil kayanya perlu di evaluasi.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya 7 priortas utama itu tidak perlu di evaluasi tapi malah di pertajam .Kalau di evaluasi lagi dan menyesuaikan dengan visi pemerintah sekarang maka tak kan ada lagi program tot missile .Arahnya kini lebih cendrung mendayagunakan TNI sebagai sarana untuk melakukan pembangunan fisik infrastruktur.Padahal dinegara lain misi selain perang di nomor duakan .

      Hapus
    2. Dievaluasi maksd saya kn program misil c 705 ToT dgn China kayaknya jalan ditempat, makanya itu perlu di evaluasi kmbali supaya kita benar" bisa mandiri dlm pembuatan misil

      Hapus
    3. @Nenggolo B,setuju dengan anda ,tapi tipis harapan karena kita lebih fokus saat ini ke infrastruktur.

      Hapus
    4. Jalan di tempat karena berbagai alasan
      Lebih tepatnya intropeksi dulu
      Kajadiannya mirip TOT sigma dulu

      Hapus
  7. prasaan dari taon lalu kemenhan juara dech. knp judul gt yak.

    BalasHapus
  8. anggaran besar tapi gak beli apa2 blas rezim sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kan udah di belikan RUBICON barang bagus itu...hihihi

      Hapus
  9. Rezim sekarang hanya akan ..akan Program system moderensasi alutsita tidak jalan mandek karna si tukang belli dan pemakai tni kadang tidak sejalan . Kata pak menhan buat apa belli senjata kita cari kawan , giliran belli heli angkut malah lewat pintu belakang ribut lagi lupa sejarah lupa tugas mereka emban kian tahun tambah berat .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro saya setuju dgn anda soal "seperti ada masalah koordinasi antara kemenhan dan pengguna" tetapi apakah benar seperti yg saudara @suwandru katakan bahwa "tidak membeli apa2"?
      Setahu saya dalam berapa tahun belakangan belum ku dengar bahwa Kemenhan mengembalikan dana (yg tak terpakai).
      Oleh sebab itu bisa kah serta merta mengatakan bahwa kemenhan "tidak membeli/menggunakan anggaran yang ada sesuai peruntukannya dan menuduh rezim yang sekarang mandek dalam "modernisasi angkatan perang?"
      Sebab menurut hemad saya selama kemenhan belum terbukti mengembalikan uang anggaran untuk pembelian alutsista dan atau terbukti mengendapkan anggaran berarti semuanya masih berjalan sebagaimana semestinya.
      Hanya memang harus diakui bahwa Pak Menhan yang sekarang "sepertinya terlalu 'berhati2 mengeluarkan statement' malah dalam banyak kasus mengeluar statement yang membingungkan "kita" ini.
      So come on bro. Be Cool down

      Hapus
  10. Mana janji mu.......
    200 triliun untuk TNI.
    OMONG KOSONG !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan uda tong, dari anggaran taon lalu ama taon ini aja digabung dach lebih dari 200T!
      sini tung tung ttunggg...nach smoga lancar jaya sehat slalu yach haha!

      Hapus